Gedung Mulus Mandiri Lt 2
Jl Dewi Sartika No 133 Jakarta Timur 13630

marketing@amstart.id

+62 21 8095033

Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi kembali mengeluarkan kebijakan terkait dengan pengajuan permohonan Rekomendasi Visa Bekerja (TA.01). Kebijakan kali ini ditujukan kepada perusahaan-perusahaan yang banyak mendatangkan Tenaga Kerja Asing (TKA) sementara/jangka pendek. Isi kebijakan tersebut antara lain:

  1. Bahwa pengajuan Rekomendasi Visa Bekerja (TA.01) dengan jangka waktu antara 1 – 6 bulan masuk dalam kategori Visa Bekerja Sementara. Tenaga Kerja Asingnya disebut dengan Tenaga Kerja Asing Sementara
  2. Apabila pekerjaan sudah selesai dan TKA sudah kembali ke negaranya, maka harus dilakukan pembatalan Ijin Mempekerjakan Tenaga Asing (IMTA) dengan melampirkan salinan cap pembatalan dari Imigrasi dan salinan cap keluar dari Indonesia apabila pembatalan dilakukan di Imigrasi di bandara.

  3. Apabila Ijin Mempekerjakan Tenaga Kerja Asing (IMTA) untuk periode sebelumnya sudah dibatalkan, maka sesudahnya pemberi kerja (perusahaan) dapat kembali mengajukan pengajuan Rekomendasi Visa Bekerja (TA.01) yang baru.

  4. Informasi pada poin 3 di atas berlaku selama kuota jabatan tersedia dalam RPTKA.

Bagi perusahaan yang dimaksud, disarankan agar secara rutin membuat dokumentasi jadwal keluar masuk Tenaga Kerja Asing (TKA) agar jika di kemudian hari Tenaga Kerja Asing (TKA) tersebut diperlukan datang kembali, perusahaan sudah siap karena Ijin Kerja (IMTA) sebelumnya, sudah dibatalkan.

Kebijakan ini mulai diperlakukan di minggu ini (minggu pertama Juni 2013).